Minggu, 08 Juni 2014

Kesehatan Dan Kehamilan



                                                     
Kesehatan Dan KehamilanAda berbagai pola hidup sehat yang bisa di lakukan oleh pasutri dalam usaha untuk memperoleh kehamilan . Para ahli memberikan saran terkait cara mengatur hidup sehat . saat pasutri merencanakan kehamilan , Nah untuk penjelasan selengkapnya sebagai berikut :..Simak yaa!..

 A  Sehat dulu , Hamil Kemudian
      Mempersiapkan kondisi tubuh yang sehat itu tidaklah rumit
manakala akan merancanakan kehamilan . Jalankan pola hidup sehat dengan rileks dan siapkan mental menuju kehidupan baru sebagai orang tua . baik laki laki , pola hidup sehat dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma sebagai modal konsupsi . Bila pasutri menerapkannya , Kehamilan yang diharapkan pun akan mudah terjadi . Oleh sebab itu , hal terpenting yang harus  di lakukan yaitu , menjaga pola hidup sehat , makan dengan teratur , serta mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi .

B  Mengubah Gaya  Hidup
   
  Sebelum pasutri merencanakan kehamilan , buatlah Chek list terlebih dahulu mengenai hal hal yang harus di perhatikan guna mendapatkan tubuh yang sehat menjelang kehamilan . Beberapa hal tersebut sebagai berikut : kembali di simak yaa!

1 Pantau Berat Badan

  Kelebihan atau kekurangan berat badan dapat mempengaruhi kesuburan bagi si wanita . maka dari itu si wanita harus berolah raga dengan teratur , mengurangi makanan yang berlemak tinggi ,  banyak mengonsumsi makanan yang bergizi  dan seimbang akan mampu menjaga kesetabilan berat badan .
Berat badan berlebih dapat menyebabkan terjadinya penumpukan lemak yang dapat menyebakan tersumbatnya dinding Rahim sehingga menyulitkan terjadinya pembuahan .

2 Perlukah mengonsumsi suplemen ?
    
Jika siwanita mengonsumsi makanan bergizi yang seimbang , maka ia tidak memerlukan suplemen tambahan . Namun , bila ia membutuhkan suplemen , pastikan suplemen itu cocok bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan . Sebab , sebagian suplemen seringkalo mengandung vitamin A dalam dosis tinggi yang justru membahayakan janin .

3 Asam Polat
    
Asam polat termasuk salah satu jenis vitamin B yang di perlukan oleh tubuh dalam membentuk sel sel baru . Dalam tubuh kita , asam polat yang sudah dikonsumsi  di simpan dihati sebagai cadangan . Tubuh orang dewasa memerlukan 400 mikrogram asam polat setiap hari . Sedangkan , pada wanita hamil , membutuhkan asupan asam polat sebanya 800 mikrogram / perhari . Asam polat berpungsi mencegah bayi lahir cacat . Oleh karna itu , kebutuhan asam polat bagi ibu hamil harus di siapkan sebelum kehamilan . Apabila seorang wanita sedang mempersiapkan kehamilan tidak memenuhi kebutuhan asam polat , maka ia disarankan meng onsumsi makanan yang mengandung asam polat sedikitnya 400 mikrogram setiap hari sampai minggu ke - 12 kehamilan . Asupan asam polat bisa di peroleh dengan mengonsumsi sereal yang di campur dengan buah atau sayuran , sebagai salah satu menu sarapan pagi .

4 Penggunaan obat

  Konsultasikan penggunaan obat  saat sedang merencanaka kehamilan , karna beberapa obat dapat menurunkan tingkat kesuburan , Apabila , menggunakan alat kontrasepsi , biarkan tubuh menyesuaikan terlebih dahulu selama beberapa bulan sebelum merencanakan kehamilan , dan jangan lupa berkonsultasi dengan dokter .

5 Hindari Stres
  
 Gaya hidup modern seringkali menyebabkan stres . Tubuh dan pikiran yang rileks akan memperbesar kemungkinan terjadinya konsepsi .

6 Melibatkan Suami

  Pola hidup sehat juga harus dilakukan oleh suami , jadi , libatkan suami agar kehamilan yang diharapkan mudah terwujud . Adapun beberapa hal yang harus dilakukan agar kesehatan suami tetap terjaga , yaitu mengurangi konsumsi kafein dan menghindari stres , menjauhi lingkungan kerja yang berbahaya , karna terdapat beberapa bahan kimia yang mempengaruhi kualitas sperma , menggunakan celana dalam longgar , berbahan katun dan tidak ketat , agar testis tidak terganggu  . untuk kesuburan pria sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung Zink ( seng ) tinggi , seperti makanan laut , daging ,telur , roti , gandum , pisang , papaya , dan jeruk yang baik bagi kesuburan , serta mengonsumsi vitamin dan mineral yang menghasilkan sperma berkualitas .

7 Tubuh Rileks

  Tubuh yang rileks dan pikiran tenang sangat penting bagi pasutri yang sedang merencanakan kehamilan , jangan mengasosiasikan seks sebagai satu satunya usaha dalam memperoleh kehamilan , karna hal itu dapat menimbulkan tekanan serta mengganggu ketenangan pikiran . Hubungan seksual yang dilakukan secara teratur  dan rileks selama masa subur membuat tubuh bugar  dan memudahkan terjadinya pembuahan , karna pikiran terfokus pada satu hal .

8 Memahami Siklus Ovulasi

  Ovulasi atau proses keluarnya sel telur dari indung telur  mempunyai rentang waktu berbeda bagi setiap wanita , bila masa haid terjadi setiap 23 - 31 hari , maka ovulasi terjadi dua minggu sebelum masa haid . meskipun hal ini bervariasi pada setiap wanita , namun sebagian besar wanita , memiliki siklus 28 hari dan mengalami ovulasi sekitar hari ke - 14 . Ovulasi ditandai dengan meningkatnya lendir vagina yang lebih lengket seperti putih telur dan naiknya suhu tubuh . Hal ini perlu dicatat pada waktu yang sama setiap pagi setelah bangun tidur .

silahkan baca juga Tips agar cepat hamil 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar