Kamis, 12 Juni 2014

Tanda awal kehamilan lanjutan

Perubahan pada payudara

Perubahan paling nyata saat hamil adalah perubahan fisik . Salah satu tanda awal kehamilan yang paling umum adalah perubahan pada payudara , yaitu ukurannya jadi lebih besar , lebih berat , sakit dan nyeri bila di pegang , areola atau daerah kecoklatan di sekitar putting menghitam dan melebar . Perubahan ini di sebabkan oleh menungkatnya produksi hormone esterogen dan progesterone yang mempersiapkan produksi asi .



   Keram perut dan bercak merah muda

  Antara minggu ke - 3 dan ke – 4 , ibu hamil mengalami flek yang diakibatkan tertanamnya sel telur yang di buahi dalam Rahim ( implantasi ) . Flek ini juga di iringi keram perut , sehingga kadang salah di mengerti sebagai haid . Perbedaannya dengan darah haid , yakni flek tersebut terjadi lebih awal dari masa haid , berwarna lebih muda , dan lebih sedikit dari pada darah haid . Adapun dua jenis tes kehamilan yang dapat di lakukan adalah sebagai berikut :
Melakukan uji kehamilan dengan menggunakan test pack ,
   Bila seorang wanita mengalami dan mengenali tanda tanda awal kehamilan , langkah pertama yang harus di tempuh sebelum memeriksakan diri ke dokter kandungan , yakni melakukan test uji kehamilan dengan test pack . Alat ini biasanya digunakan dengan meneteskan air kencing yang pertama kali keluar setelah bangun tidur di pagi hari .
  Saat hamil , terjadi peningkatan hormone HCG ( human chorionic gonadotrophin ) dalam darah dan saluran kencing . Test kehamilan menggunakan test pack dapat dilakukan beberapa hari setelah terlambat haid . Semakin cepat melakukannya , semakin kecil kemungkinan terdeteksi , sebab perubahan hormone pada tubuh belum signifikan . Supaya lebih meyakinkan test ini , dapat di lakukan berulang setelah beberapa hari , jika haid tidak kunjung dating .
  Sebelum melakukan test ini , periksa terlebih dahulu tanggal kadaluarsa test pack . Alat yang di simpan yang hangat dan lembab menyebakan tingkat akurasinya berkurang . Ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan , karna setiap merk test pack memiliki cara penggunakan yang berbeda . kemudian , perhatikan hasul yang tertera pada alat test , ada yang menggunakan warna biru dan merah muda , dan ada juga yang menggunakan tanda fositif dan negatif

Cek kehamilan dengan cek darah

 Pada perinsipnya sama seperti test pack , yaitu mengukur kandungan hormon HCG . Jika test pack di lakukan dengan mengukur kandungan HCG  dalam air seni  , maka test darah mengukur kandungan HCG  dalam darah . Cara ini lebih akurat dan mampu mendeteksi kehamilan lebih tepat . Biasanya 6 – 8 hari setelah ovulasi ( pembuahan ). Tentu saja cara ini lebih mahal  dan harus di lakukan oleh dokter kandungan. 
silahkan Baca juga Tanda tanda awal kehamilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar